Sejak 15 hingga 22 Oktober 2017 para delegasi dari Indonesia yang terdiri dari para CEO, Manajer, technical experts, enterpreneurs dan pimpinan asosiasi terpilih berhasil mengikuti Technical Seminar dengan tema “Waste Management” di negara bagian Bavaria, Jerman.

Seminar yang berlangsung selama satu pekan tersebut adalah program dari Bayerisches Staatsministerium für Wirtschaft und Medien, Energie und Technologie atau Kementrian Negara Bagian Bayern untuk Ekonomi, Media, Energi dan Teknologi yang diorganisir oleh Berufliche Fortbildungszentren der Bayerischen Wirtschaft (bfz) dan dibantu oleh AIPSE dalam pelaksanaannya.

Seminar ini adalah sebuah program pertukaran dan pelatihan bagi para manajer dan spesialis yang ditawarkan oleh Pemerintah Negara Bagian Bayern. Bertujuan untuk meningkatkan kualitas, efesiensi dan keberlanjutan di industri dan sektor publik dengan menyalurkan pengetahuan dan teknologi untuk menyelesaikan masalah penting dan mendesak. Selebihnya juga bertujuan untuk mengetahui konsep dan teknologi termutakhir yang ada pada perusahaan dan institusi yang ada di negara bagian Bayern dan untuk membentuk kontak langsung secara personal sehingga terbentuk partnership jangka panjang.

Program yang ditujukan kepada para ahli (technical experts), pebisnis dan pejabat publik yang bekerja di bidang pengelolaan sampah dan memiliki ketertarikan khusus untuk solusi teknis ini mempertemukan para peserta seminar dengan berbagai institusi dan perusahaan di Bayern melalui kunjungan langsung di lokasi dan fasilitas pengelolaan sampah. Peserta dapat langsung menyaksikan bagaimana Negara Bagian Bayern mengelola sampahnya. Peserta juga berkesempatan berjumpa langsung dengan para pengusaha dan pengambil kebijakan, termasuk otoritas pemerintah dalam hal pengelolaan sampah.

Kunjungan dan pertemuan dengan para pengusaha Bavaria bukan hanya kesempatan bisnis dan pelatihan, namun juga merupakan wadah untuk saling bertukar ide dan pengalaman antara Jerman dan Indonesia.

Peran AIPSE
Ini bukan kali pertama bfz bekerjasama dengan AIPSE. Sejak tahun 2012 AIPSE sudah menjalin kerjasama dan mengambil peran dalam program Kementrian Ekonomi, Media, Energi dan Teknologi Negara Bagian Bayern. Ke depan AIPSE tetap akan terus menjalin kerjasama ini dan menjadi partner utama program-program berikutnya.

Tentu, dengan peran dan kontribusi AIPSE diharapkan dapat membawa manfaat bagi perkembangan teknologi di Indonesia melalui transfer teknologi dari Eropa, meningkatkan hubungan kerjasama mutualisme antara Jerman dan Indonesia sehingga bisa membawa manfaat lebih banyak lagi secara nyata bagi Indonesia.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *