Sejak tahun 2012 Kementerian Ekonomi Negara Bagian Bavaria, Jerman, membangun kerjasama dengan Indonesia di bidang manajemen (pengelolaan) dan pengolahan sampah. Program ini telah menghubungkan berbagai perusahaan, lembaga, dan para pengambil kebijakan politik di Indonesia dengan perusahaan, perguruan tinggi dan berbagai lembaga terkait di Bavaria.

Tahun ini pemerintah Bavaria kembali mengundang berbagai perusahan, insinyur, pelaku bisnis, pihak perguruan tinggi, dan lembaga pemerintahan Indonesia yang bergerak di bidang pengelolaan dan pengolahan sampah yang tertarik untuk menjalin hubungan kerjasama dengan partner terkait di Bavaria.

Pusat pendidikan dan pelatihan perekonomian Bavaria, bfz (Die Beruflichen Fortbildungszentren der bayerischen Wirtschaft), sebuah badan yang didirikan oleh asosiasi pengusaha Bavaria, kembali ditugaskan untuk mempersiapkan dan menjalankan program kunjungan delegasi dari Indonesia ke Bavaria.

Peserta yang akan mengikuti program ini diharapkan berjumlah tidak lebih dari 18 orang. Para peserta harus memiliki ketertarikan dan minat besar untuk menjalin hubungan dengan mitra-mitra kerja potensial di Bavaria dan juga untuk menjajaki peluang kerja sama baru setelah akhir kunjungan. Selain memfasilitasi hubungan antar lembaga, perusahaan dan individu, kunjungan ke Bavaria ini juga bertujuan untuk memperkenalkan peserta seminar berbagai teknologi dan instalasi yang ada di Bavaria di bidang pengolahan dan pengelolaan sampah. Perjalanan yang berlangsung selama satu pekan ini akan diisi dengan kunjungan ke berbagai perusahaan yang bergerak di bidang pengelolaan dan pengolahan sampah di negara bagian Bavaria. Peserta juga akan mengunjungi perguruan tinggi dan asosiasi industri terkait. Pertemuan dengan Kementerian Ekonomi Bavaria akan menjadi bagian penting dalam program ini.

Para peserta disyaratkan untuk menanggung sendiri biaya perjalanan/penerbangan dari Indonesia ke Jerman, termasuk biaya pengajuan visa. Seluruh biaya di Jerman (akomodasi, konsumsi dan transportasi) akan ditanggung oleh Kementerian Ekonomi Bavaria. Delegasi dari Indonesia akan didampingi oleh seorang koordinator/penanggung jawab dari bfz dan dua orang penerjemah sepanjang kunjungan di Jerman. Program kunjungan akan diatur berdasarkan kesepakatan sebelumnya dengan peserta.

AIPSE sejak tahun 2012 telah menjadi partner Pusat pendidikan dan pelatihan perekonomian Bavaria (bfz) dalam program-program kerjasama dengan Indonesia. Pada kesempatan ini AIPSE kembali membantu bfz dalam Seminar Pengelolaan dan Pengolahan Sampah 2018.

Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran, silahkan menghubungi kami melalui email info@aipse.org
Lamaran untuk menjadi peserta dalam program ini kami nantikan sampai 15 Agustus 2018.

 


Silahkan lihat reportase program ini di tahun 2017:
Delegasi Terpilih Sukses Mengikuti Seminar Manajemen Sampah di Bavaria